Biografi Singkat | Josep Pep Guardiola, ( biodata-artisidola.blogspot.com )

Seorang pelatih tinju tentu saja akan mempersiapkan segala perlengkapan tinju. Berbeda dengan seorang pelatih sepak bola. Berbicara soal pelatih sepak bola, kalian pasti pernah mendengar nama Pep Guardiola.
Josep Guardiola yang memang lebih dikenal Pep Guardiola yang merupakan mantan punggawa lini belakang Barcelona. Nama Pep Guardiola mulai melambung ketika FC Barcelona dibawha asuhannya dan berhasil menyudahi gelar dengan meraih tiga gelar atau treble winner sekaligus, yaitu La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions 2008/2009.
Selain itu Barcelona juga menjadi tim tersubur di antara jajaran liga-liga top Eropa dengan mencetak kurang lebih sekitar 150 gol di semua kompetisi. Guardiola juga menjadi manajer termuda yang sukses memenangkan Liga Champions. Pada musim berikutnya, Guardiola membawa Barca memenangkan piala Super Spanyol melawan Ath Bilbao dan Piala Super Eropa 2009 lawna Shakhtar Donetsk.
Josep Guardiola lahir pada tanggal 18 Januari 1971 di Santpedor, Catalonia Spanyol. Sebelum dia melatih di Barcelona, dia adalah seorang pemain professional dengan posisi Defensvie midfielder. Pep menghabiskan seluruh karirnya di Barcelona. Dia juga menjadi bagian dream team di bawah asuhan Johan Cruyff yang membawa Barcelona memenangkan gelar Eropa mereka untuk pertama kalinya. Klub yang pernah di singgahinya adalah FC Barcelona , Brescia, AS Roma, Al-Ahli dan Sinaloa.
Dia juga bermain untuk timnas Spanyol. Sebagai pemain timnas Spanyol, dia memulai debutnya pada tanggal 14 October 1992 saat menghadapi Irlandia Utara saat kualifikasi Piala Dunia 1994. Dalam timnas dia mencetak 5 gol dan tampil sebanyak 47 kali dalam rentang waktu 1992-2001. Dia juga sempat bermain untuk Catalunya selama 7 kali dalam rentang waktu 1995-2005.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »